Minggu, 06 Desember 2009

FAKTOR PRESTASI

Sejauh ini perkembangan dunia begitu pesat, dimana peranan dari pada ilmu pengetahuan dan teknologi juga ikut berkembang sangat maju, sehingga peningkatan kualitas manusia sangat harus kita kembangkan pula khususnya dibidang olahraga mengingat begitu ketatnya persaingan berbagai negara khususnya pada bidang olahraaga.
Dalam perkembangan olahraga di negara kita boleh di katakan sedikit demi sedikit mengalami kemajuan yang cukup besar,hal ini terbukti dengan adanya beberapa cabang olahraga yang telah meraih prestasi dari tingkat nasional ke tingkat internasional, salah satu di antaranya adalah cabang olahraga pencak silat.
Prestasi yang dicapai saat ini perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan secara optimal untuk mengangkat prestasi bangsa serta negara diforum internasional, olehnya itu perlu dipikirkan cara yang terbaik untuk segala daya upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan prestasi. Untuk itu dalam usaha peningkatan prestasi olahraga pencak silat dalam berbagai faktor yang berpengaruh yang harus diperhatikan, diatasi dan dilaksanakan yaitu pencapaian prestasi, khususnya dalam menciptakan atlet yang berkualitas.
Berdasarkan pengamatan, secara garis besar prestasi pesilat atau atlet pencak silat yang berasal dari daerah-daerah atau pedalaman lebih berkualitas dibandingkan atlet pencak silat yang berasal dari perkotaan, mungkin ini dikarenakan oleh faktor lingkungan dan kebiasaan orang yang hidup dipedalaman keharusan aktifitas yang harus dipenuhi dilakukan lebih banyak dan keras di bandingkan orang-orang yang hidup diperkotaan yang kebiasaannya lebih dominan kepada pekerjaan yang tidak terlalu mengutamakan tenaga atau fisik tetapi pikiran sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa aktivitas fisik orang yang tinggal di pedesaan lebih berat dibandingkan aktivitas orang yang tinggal diperkotaan. Menyikapi tentang prestasi atlet pencak silat diperkotaan, keadaan yang demikian diduga karena keberadaan kondisi fisik. Terkadang seseorang cenderung jenuh untuk melakukan latihan fisik sebelum melakukan gerakan inti atau teknik gerakan pencak silat itu sendiri.
Maka dari itu wajarlah dikatakan bahwa dibutuhkan metode dan materi latihan yang baik. Selain itu juga dari kenyataan yang dilihat menunjukkan bahwa prestasi atlet daerah pada cabang olahraga pencak silat pun tidak konsisten pada kejuaraan yang diikutinya. Hal ini disebabkan karena penerapan metode latihan kadang menemukan kesalahan serta sistem pembinaan masih kurang baik, bahkan kita masih jumpai beberapa pelatih yang tidak menerima kehadiran ilmu bantu kepelatihan sehingga akan berdampak prestasi atlet serta perkembangan cabang olahraga yang dibina secara umum dan khususnya cabang olahraga pencak silat.
Faktor dugaan lain yang menjadi penyebab tidak konsistennya prestasi atlet pencak silat adalah kecepatan dan ketepatan dalam melakukan pukulan pada pencak silat. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pelatih yang melatih hanya karena bermodalkan dari pengalaman semata, kurang mendapat pendidikan formal ilmu kepelatihan yang turut memberikan peranan. Juga adanya pelatih dan pembina yang masih kurang mengetahui bentuk-bentuk latihan yang dapat meningkatkan kondisi fisik atlet.

Tidak ada komentar: