Rabu, 02 Desember 2009

PENCAK SILAT

Cabang olahraga pencak silat adalah cabang olahraga bela diri yang lahir dari budaya luhur bangsa Indonesia. Dan istilah pencak silat sebagai seni bela diri bangsa Indonesia, sebagai mana dijelaskan dalam kesimpulan hasil seminar pencak silat di Bogor (Jawa Barat) tahun 1973, sebagai berikut:
  • Pencak adalah gerakan serangan bela diri berupa tari yang berirama dengan peraturan adat kesopanan tertentu yang biasanya untuk pertunjukan umum. Sedangkan silat adalah intisari dari pencak silat untuk perkelahian membela diri yang tidak dapat dipertunjukkan di depan umum.
Pencak silat sebagai salah satu bentuk kebudayaan bangsa Indonesia yang merupakan warisan dari nenek moyang kita, yang perlu disebarluaskan karena merupakan salah satu kegiatan yang mendorong, membangkitkan, mengembangkan kesegaran jasmani dan membina kejujuran serta kekuatan rohani. Terutama ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi setiap insan Indonesia. Sebagaimana dikemukakan M. Atok Iskandar (1992 : 11) yang juga merupakan hasil rumusan bersama antara BAKIN, BABINORDI (Badan Pembina Olahraga Beladiri Indonesia)
dan P.B.IPSI, bahwa pengertian pencak silat adalah sebagai berikut :
Pencak silat merupakan hasil budaya manusia Indonesia untuk mempertahankan eksistensi dan integritas terhadap alam sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup guna peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sedangkan menurut M. AR. Gayo (1991:305), mendefinisikan pencak silat sebagai berikut :
Pencak silat artinya gerakan dasar bela diri yang terikat dengan peraturan dan digunakan dalam belajar, latihan dan pertunjukan. Sedangkan silat bermakna gerak bela diri yang sempurna, yang bersumber pada kerohanian yang suci murni, guna keselamatan diri dan orang lain.
Berdasarkan pendapat dan penjelasan di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa olahraga pencak silat sebagai suatu keterampilan bela diri dan sebagai sarana, dengan materi pendidikan rohani dan jasmani. Sikap jasmani adalah sikap kesiapan fisik tubuh untuk melakukan gerakan – gerakan dengan kemahiran tehnik yang baik. Sedangkan sikap rohani ialah kesiapan mental dan pikiran untuk melakukan tujuan dengan waspada. Yang memiliki filsafat hidup yang diberi nilai – nilai luhur pencak silat dan mempunyai kode etik yang biasa disebut dengan nama prasetya pencak silat.

Tidak ada komentar: